Polda Jateng Dan Kodam IV/ Diponegoro Terus Pantau Munculnya Keraton Agung Sejagat

Selasa, 14 Januari 2020 - 18:22
Totok Santosa Hadiningrat yang dipanggil Sinuwun dan istrinya yang dipanggil Kanjeng Ratu yang memiliki nama Dyah Gitarja.(ist)

SEMARANG –  Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro terus memantau dan mendalami motif di balik berdirinya Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Polda Jateng bahkan sudah menerjunkan tim intelijen dan  reserse guna mengungkap munculnya Keraton Agung yang menghebohkan itu .

"Kami ingin mengetahui motif apa di balik deklarasi keraton tersebut," kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di Semarang, Selasa (14/1/2020).

Menutut Kapolda, pihaknya telah menurunkan tim intelijen dan reserse kriminal umum untuk mengumpulkan data-data berkaitan dengan keraton pimpinan Totok Santosa Hadiningrat tersebut.

"Pengumpulan data berkaitan dengan profil sekaligus aspek legalitasnya. Negara kita adalah negara hukum. Pertama-tama kita akan mempelajari aspek legalitas," ucap Rycko.

Selanjutnya , polisi juga akan mempelajari dari aspek lain seperti , aspek sosial kultural, termasuk kesejarahan. 

Hal yang sama juga dilakukan aparat jajaran  Kodam IV Diponegoro . Kodam IV saat ini masih menyelidiki Kerajaan Agung Sejagat(KAS) di Purworejo . 

KasdamIV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa menegaskan pihaknya sedang mengumpulkan informasi terkait keberadaan KAS yang sedang viral di media sosial tersebut.

"Kami mau cek dulu dan selidiki seperti apa tujuan dan kegiatan kerajaan itu," ujarnya.

Kasdam mengaku sudah mendapat informasi terkait KAS. Namun belum dapat menyimpulkan KAS merupakan kelompok makar atau tidak.

"Kepastian makar atau tidak kami harus memastikan terlebih dahulu.Nanti tindakan seperti apa yang kami ambil, kami sampaikan berikutnya," tegas Kasdam.

Sebelumnya kabar munculnya  Keraton Agung Sejagat   ini mulai dikenal publik setelah mereka mengadakan acara Wilujengan dan Kirab Budaya, Jumat (10/1/2020) hingga Minggu.

Keraton Agung Sejagat dipimpin oleh seseorang yang dipanggil Sinuwun yang bernama asli Totok Santosa Hadiningrat dan istrinya yang dipanggil Kanjeng Ratu yang memiliki nama Dyah Gitarja. Berdasarkan informasi, pengikut dari Keraton Agung Sejagat ini mencapai sekitar 450 orang. (suatmadji/tri) .

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



Ads