DKPP Gelar Sidang Pelanggaran Kode Etik Komisioner KPU di KPK

Rabu, 15 Januari 2020 - 12:59
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan. (ikbal)

JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, akan menjalani sidang etik yang digelar  Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Rabu (15/1/2020). Sidang akan digelar di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan DKPP sudah berkoordinasi dengan KPK guna menggelar sidang pelanggaran kode etik itu. 

"Untuk kegiatan DKPP, tadi sudah datang ke KPK untuk koordinasi, prinsipnya KPK memberikan ijin giat dimaksud, akan memfasilitasi tempat di KPK," ujarnya kepada wartawan.

KPK memberi izin kepada Wahyu menjalani sidang pelanggaran etik oleh DKPP. Sidang akan digelar pukul 14:00 dan dilaksanakan secara tertutup. Meski demikian publik dapat mengikuti jalannya persidangan melalui siaran langsung streaming  Facebook DKPP, @medsosdkpp.

Wahyu diduga melanggar kode etik sebagai penyelenggara pemilu karena disangka menerima suap dari politisi PDIP, Harun Masiku. Harun menyuap Wahyu agar dapat menggantikan caleg terpilih dari PDIP, Nazarudin Kiemas yang meninggal. 

Aduan terhadap Wahyu ke DKPP tercatat dengan nomor perkara 01-PKE-DKPP/I/2020. Aduan ke DKPP dilayangkan Ketua Bawaslu, Abhan dan anggota Bawaslu yakni  Ratna Dewi Pettalolo, Fritz Edward Siregar, Rahmat Bagja dan Mochammad Afifuddin. (ikbal/mb)

 

 

 

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



Ads