Menolak Tabayun, akhirnya Malah Manyun

Senin, 06 Januari 2020 - 08:00

DENGAN tabayun (klarifikasi), kesalahpahaman bisa dihindari. Tapi Zulfikar, 46, tak mau melakukan. Dengar kabar adiknya, Imaniar, 40, kumpul kebo dengan Rusdinar, 49, langsung emosi, sebab kumpul kebo kan identik dengan perzinaan. Setelah Rusdinar, dibunuhnya ternyata Imaniar sudah nikah siri. Manyun dah! 


Kalangan ustadz dan MUI sering menganjurkan perlunya tabayun, jika menemukan berita yang menghebohkan. Jika tak ada klarifikasi, bisa menimbulkan kesalah-pahaman dan membuat kebijakan yang salah. Tanpa tindakan itu, namanya grusa-grusu atau waton nyreguduk kata orang Jawa, dan ujung-ujungnya hanyalah rasa penyesalan. Tapi mau apa lagi, penyesalan selalu datang belakangan. 

Ny. Imaniar  sudah beberapa waktu lamanya menjanda. Tapi seminggu lalu tiba-tiba dia bepergian ke Sijunjung. Saat kembali ke tumah sudah bawa seorang lelaki dan berani tidur sekamar.

Ternyata di Sijunjung dia diam-diam menikah dengan Rusdinar secara siri. Kemungkinannya ada dua, pihak lelaki sudah punya istri tapi ngebet mau kawin lagi. Atau memang belum ada biaya, nikah resminya nanti-nanti, yang penting ibarat kendaraan sudah bisa dicemplak dan enak.

Rupanya perkawinan Imaniar-Rusdinar karena faktor kedua. Benggol belum siap, tapi bonggol sudah menuntut haknya. Jangankan tetangga, kakak kandung sendiri, Zulfikar, juga tak diberi tahu. Tahu-tahu Zulfikar dikasih tahu orang bahwa Imanir adiknya kumpul kebo.

Tentu saja Zulfikar kaget sekali. Kumpul kebo sama saja dengan perzinaan. Mestinya dia lalu mengadakan tabayun pada pihak terkait. Tapi dia tidak. Saking emosinya, pagi-pagi dia sudah bawa golok ke rumah adiknya. Kala itu Imanias sedang masak di dapur, sementara Rusdinar masih dibuai mimpi.

Tanpa ampun lagi, Rusdinar langsung dibacok golok tepat pada lehernya. Hanya sekali mengaduh, langsung wasalam. Mendengar teriakan suami, Imanir masuk ke kamar, tenyata terlihat kakaknya, Zulfikar, masih menenteng golok. “Engkau apakan suami ambo, Uda?” teriak Imaniar.

Suami? Kapan nikahnya, kok gue tak dijadikan wali? Maka Imaniar pun menjelaskan bahwa baru saja dia menikah siri bersama Rusdinar. Akhirnya mimic Zulfikar seperti Bolot dalam sinetron Opera van Jakarta. Dia kaget, tapi sudah terlambat. Polisi pun segera menangkapnya.

Lain kali klarifikasi dulu sebelum bertindak. (gunarso ts)

Latest Comments

  • {{comment.name}} {{comment.created_at}}

    {{ comment.comment }}

Belum ada komentar.

Rekomendasi



Ads